Lembu Andhini

Lembu Andhini adalah seekor lembu betina anak raja jin bernama Patanam. Karena ingin menguasai alam ini, bertapalah dia dan di puja-puja oleh penduduk di sekelilingnya. Akhirnya orangpun beranggapan bahwa Lembu Andhini adalah dewa juga. Betara Guru (Manikmaya) mengetahui akan hal ini. Maka Lembu Andhini pun dikalahkannya dan dijadikan kendaraan yang tak terpisah daripadanya. Tapi Lembu Andhini tidak merasa senang diperlakukan demikian, dan tak henti-hentinya dia berdaya upaya untuk berbalas dendam. Akhirnya Lembu Andhini menemukan akal untuk mengadu dombakan Betara Guru dengan permaisurinya, hingga mereka sampai berperang. Sesudah permaisurinya dikalahkan, menjadi tahulah Betara Guru bahwa semua itu di akibatkan oleh Lembu Andhini. Menjadi murka lah Betara Guru dan disumpahilah Lembu Andhini berubah menjadi sebuah pelangi. Takhayul mengatakan, bahwa pelangi berkepala lembu dan kalau kelihatan maka pada saat itu Lembu Andhini sedang minum air laut.
Setelah kehilangan kendaraanya, Betara Guru merasa lemah. Tetapi dia segera mendapat gantinya berupa seekor lembu jantan bernama Andana, anak seorang raksasa bernama Gopatama. kemudian nama Andana digantinya dengan Andhini seperti kendaraanya semula.
Menurut cerita jaman dahulu lembu digunakan sebagai kendaraan, karena lembu sangat patuh dan kuat berjalan di tempat-tempat yang sukar. Kata Lembu juga banyak di pakai di dalam nama orang-orang kenamaan. Seperti, Lembuamiluhur: seorang raja di negara jengala, Lembupeteng: seorang keturunan raja yang hidup bersembunyi, dan Lembusura: seorang raja raksasa di gua kiskenda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar